Kamis, 25 Maret 2010

PENGAKUAN PENDAPATAN

LINGKUNGAN SAAT INI
Berdasarkan studi ,pengakuan pendapatan telah menjadi sumber tunggal terbesar dari pernyataan ulang perusahaan selama decade belakangan. Studi tersebut menyimpulkan:
1. Pernyataan ulang dari pengakuan pendapatan yang tidak benar akan mengakibatkan penurunan yang lebih besar dalam kapitalisasi pasar ketimbang setiap jenis pernyataan ulang lainya.
2. Masalah pendapatan menyebabkan delapaan dari sepuluh besar kerugian nilai pasar pada tahun belakangan ini.
3. Dri sepuluh perusahaan, tiga yang pertama mengalami kerugian 20 miliar nilai pasar selama hanya tiga hari setelah pengungkapan masalah pengakuan pendapatan.
Pedoman Untuk Pengakuan Pendapatan
Secara umum, pedoman pengakuan pendapatan cukup luas. Kadang perusahaan juga punya pedoman yang lebih spesifik untuk menenentukan kapan pendapatan harus diakui. Pendapaatan diakui pada saat :
1. Direalisasikaan (barang/jasa ditukar dengan kas) / dapat direalisasikan ( barang segeraq dapat ditukar dengan kas)
2. Dihasilkan (proses menghasilkan laba telah selesai)
Empat Pendapatan Telah Diakui Sesuai Dengan Prinsip Ini :
1. Dari penjualan produk diakui pada tanggal penjualan
2. Dari pemberian jasa diakui ketika jasa-jasa itu telah dilaksanakan dan dapat ditagih
3. Dari mengizinkan pihak lain menggunakan aktiva perusahaan ,seperti bunga sewa dan royalty diakui sesuai berlakunya waktu atau ketika aktifa itu dipakai
4. Dari pelepasan aktiva selain produk diakui pada tanggal penjualan.

Penyimpangan Dari Dasar Penjualan
Beberapa alasan terjadinya penyimpangan dari dasar penjualan adalah keinginan untuk mengakui pendapatan lebih awal dalam proses mendapatkan laba,dan bukan padaa saat penjualan. Alasan kedua adalah keinginan untuk menangguhkan pengakuan pendapatan setelah saat penjualan.
PENGAKUAN PENDAPATAN PADA SAAT PENJUALAN ( PENYERAHAN )
Penjualan Dengan Perjanjian Beli Kembali
Penjualan Dengan Hak Retur
Metode pengakuan pendapatan alternative apabila penjual menanggung risiko kepemilikan yang berkepanjangan karena pengembalian produk: ( tidak mencatat penjualan sampai hak retur habis masa brlakunya, mencatat penjualan dengan mengurangi estimasi retur di masa depan, mencatat penjualan dengan memperhitungkan retur pada saat terjadi ).
Pendapatan dari penjualan dengan memberikan hak retur akan diakui pada saat penjualan jika memenuhi kondisi :
1. Harga penjual kepada pembeli tetap
2. Pembeli sudah membayar penjual
3. Kewajiban pembeli kepada penjual tidak akan berubah,apabila terjadi pencurian, kerusakan pada produk.
4. Pembeli punya substansi ekonomi yang terpisah dari yang diberikan oleh penjual.
5. Penjual tidak punya kewajiban yang signifikan atas kinerja masa depan mengenai retur
6. Jumlah retur dimasa depan dapat diestimasikan penjual secara layak.
Trade Loading Dan Chanel stuffing
Trade Loading merupakan praktik yang gila,tidak ekonomis dan licik, perusahaan mencoba menunjukkan penjualan ,laba , dan pangsa pasar yang tidak mereka miliki, membujuk pedagang grosis yang menjadi langgananya untuk membeli prodik secara besar/banyak, Chanel stuffing hal sama pada industry perangkat lunak, dengan menawarkan diskon / potongan harga yang besar pada distributornya agar mau membeli dalam jumlah yang banyak.
PENGAKUAN KEMBALI PENDAPATAN SEBELUM PENYERAHAN
Kontrak konstruksi jangka panjang, penjual ( kontraktor ) dapat menagih pembeli pada selang waktu tertentu, ketika berbagai tahap dari proyek itu telah dicapai.
Metode akuntansi yang berbeda dipakai dalam kontak konstruksi :
· Metode persentase penyelesaian “ pendapatan dan laba kotor diakui setiap periode berdasarkan kemajuan progres konstruksi”.
· Metode kontrak selesai “ pendapatan dan laba kotor hanya diakui pada saat kontrak selesai”.
Metode presentase penyelesaian harus digunakan perusahaan apabila estimasi kemajuan kearah penyelesaian ,pendapatan ,serta biaya secara layak dapat dipercaya dan syarat berikut dapat dipenuhi :
· Jelas menetapkan hak-hak yang dapat dipaksakan pemberlakuanya mengenai barang / jasa yang akan diberikan dan diterima oleh pihak yang terlibat.
· Pembeli diharapkan dapat memenuhi kewajibanya
· Kontraktor diharapkan dapt memenuhi kewajiban kontraktor tersebut.
Metode kontrak selesai harus digunakan perusahaan hanya :
· Jika suatu entitas terutama mempunyai kontrak jangka pendek, atau
· Jika syarat-syarat untuk mengunaka metode persentase penyelesaian dapat dipenuhi, atau
· Jika terdapat bahaya yang melekat dalam kontrak itu diluar resiko bisnis yang normal dan berulang.
Metode Persentase Penyelesaian
Mengakui pendapatan, biaya, laba kotor sesuai dengan tercapainya kemajuan ke arah penyelesaian kontrak jangka panjang.untuk mengunakan metode ini perusahaan harus mempunyai beberapa dasar atau standar.
Mengukur Kemajuan Ke Arah Penyelesaian
Masalah dalam penerapan metode ini adalah berkaiatan pembuatan estimasi yang cukup akurat mengenai penyelesaian dan laba kotor akhir. Yang paling umum digunakan untuk mengukur kemajuan ke arah penyelesaian adalah metode biaya terhadap biaya ( cost-to-cost method). Tujuan dari semua metode itu adalah mengukur tingkat kemajuan dalam istilah biaya,unit, atau nilai tambah.
Rumus dasar biaya terhadap biaya =
Biaya yang terjadi sampai tanggal ini
Estimasi total biaya terkini
Persentase penyelesaian
=

Ratio persentase biaya yang terjadi terhadap estimasi total biaya diterapkan pada total pendapatan atau estimasi total laba kotor atas kontrak tersebut untuk mendapatkan jumlah pendapatan atau laba kotor yang akan diakui sampai tanggal ini.
Persentase Penyelesaian X estimasi total pendapatan = pendapatan yang diakui
sampai tanggal ini

Untuk mengetahui jumlah pendapatan dan laba kotor yang diakui setiap periode, ESD harus mengurangkan total pendapatan atau laba kotor yang diakui dalam periode-periode sebelumnya,

Pendapatan yang akan diakui - pendapatan yang diakui dalam = pendapatan
Sanpai tanggal ini periode sebelumnya periode berjalan



Lihat contoh persentase penyelesaian- dasar biaya terhadap biaya hal 523

METODE KONTRAK SELESAI
Menurut metode kontrak selesai ( completed-contract method ) pendapatan dan laba kotor hanya diakui pada saat penjualan yaitu, pada saat kontrak diselesaikan. Perusahaan mengasumsikan biaya kontrak jangka panjang dalam proses, tapi tidak ada pembebanan atau pengkreditan interim kea kun L/R seperti pendapatan, biaya dan laba kotor. Keunggulanya adalah pendapatan yang dilaporkan didasarkan atas hasil akhir dan bukan atas estimasi pekerjaan yang belum dilaksanakan. Dan kelemahanya adalah bahwa metode ini tidak mencerminkan kinerja masa berjalan apabila periode kontrak mencakup lebih dari satu periode akuntansi.

Kerugian Kontrak Jangka Panjang
1. Kerugian periode berjalan atas kontrak yang menguntungkan, timbul apabila selama konstruksi terdapat kenaikan yang signifikan pada entitas total biaya kontrak tetapi kenaikan tersebut tidak menghilangkan semua laba kontrak
2. Kerugian atas kontrak yang tidak menguntungkan,estimasi biaya pada akhir periode berjalan menunjukkan bahwa kerugian akan terjadi ketika seluruh kontrak berakhir.
Dasar Penyelesaian Produksi
Menurut dasar penyelesaian produksi pendapatan diakui pada saat logam ditambang atau produk pertanian dipanen karena harga jualnya dapat dipastikan dengan layak , unit-unitnya dapat dipertukarkan,serta tidak diperlukan biaya yang signifikan dalam mendistribusikan produk itu.

PENGAKUAN PENDAPATAN SETELAH PENYERAHAN
Beberapa hasil penagihan yang tidak dapat dipastikan secara layak sehingga pendapatan dapat ditangguhkan sampai kas diterima.

Metode Akuntansi Penjualan Cicilan
Installment-sales method mengakui laba dalam periode-periode diterimanya hasil penagihan dan bukan dalam periode penjualan. Jadi pengakuan laba ditangguhkan sampai periode penagihan kas.
Prosedur Untuk Menangguhkan pendapatan Dan Harga Pokok Penjualan Barang Dagang
Untuk penjualan dalam satu tahun , langkah-langkah untuk menangguhkan laba kotor adalah sebagi berikut :
1. Selama tahun berjalan, catat baik penjualan / HPP dengan cara biasa, dengan akun-akun khsus , dan hitung tingkat laba kotor atas transaksi penjualan cicilan
2. Pada akhir tahun , terapkan tingkat laba kotor itu pada penagihan kas dari penjualan cicilan tahun berjalan untuk mendapatkan laba kotor yang di realisasi
3. Laba kotor yang belum di realisasi harus ditangguhkan sampai tahun berikutnya.
Konsep Dasar akuntansi penjualan cicilan :
1. Bagaimana menghitung persentase laba kotor yang layak
2. Bagaimana mencatat penjualan cicilan , biaya penjualan cicilan, laba kotor yang ditanggguhkan
3. Bagaimana menghitung laba kotor yang direalisasikan atas piutang penjualan cicilan
4. Bagaimana saldo laba kotor yang ditangguhkan pada akhir tahun terjadi karena penerapan tingkat laba kotor pada piutang usaha cicilan.
Masalah Tambahan Dalam Akuntansi Penjualan Cicilan :
Ø Bunga atas kontrak cicilan
Kerena penagihan piutang cicilan tersebar selama periode yang panjang , maka sudah menjadi kebiasaan untuk membebankan bunga kepada pembeli atas saldo yang belum dibayar
Ø Piutang tak tertagih
Masalah piutang tak tertagih agak berbeda dengan perusahaan yang menjual atas dasar cicilan.penjual punya kesempatan untuk mengganti piutang yang tak tertagih melalui kepemilikan kembali dan penjualan kembali barang yang dimiliki kembali itu.
Ø Gagal membayar (default) dan kepemilikan kembali.
Sesuai dengan persyaratan kontrak penjualan dan kebijakan bgagian kredit, penjual bisa memiliki kembali barang dagang yang telah terjual menurut perjanjian ciccilan jika pembeli gagal memenuhi kewajiban pembayaran.

Metode Pemulihan Biaya
Metode pemulihan biaya (cost recovery method) tidak ada laba yang diakui sampai pembayaran kas oleh pembeli melebihi harga pokok barang dagang yang di jual.sesudah biaya dipulihkan, setiap tambahan kas yang tertagih dimasukkan dalam laba.

Metode Simpanan
Menurut metode simpanan, penjual melaporkan kas yang diterima dari pembeli sebagai tabungan atas kontrak dan mengklasifikasikan sebagai kewajiban. Tidak ada pendapatan atau laba yang diakui sampai penjualan selesai. Dalam metode simpanan , penjual belum melaksanakan kontrak dan tidak ada klaim yang sah.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

:)

Posting Komentar

 

Followers

Buku Tamu

My Community

kreasi kita by supri didukung budi santoso